SMK Muhammadiyah Salaman merupakan sekolah menengah kejuruan yang memiliki 4 program keahlian, yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, Desain Komunikasi Visual dan Kuliner. SMK Muhammadiyah Salaman terletak di jalan Raya Salaman No. 52 Kabupaten Magelang yang luas area seluruhnya kurang lebih 22.786 m2. SMK Muhammadiyah Salaman terletak di 2 lokasi yaitu kampus 1 dan kampus 2. Lokasi kampus 1 digunakan untuk pembelajaran program keahlian Akuntansi danKeuangan Lembaga, Desain Komunikasi Visual, dan Kuliner, sedangkan kampus 2 digunakan untuk pembelajaran program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis serta ruang praktik Program Keahlian Kuliner.


Karakteristik SMK Muhammadiyah Salaman yaitu memiliki slogan “Tiada Hari Tanpa Prestasi” dengan tujuan memberikan motivasi kepada seluruh warga SMK Muhammadiyah untuk selalu memberikan yang terbaik. Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi terhadap peserta didik, SMK Muhammadiyah Salaman memberikan berbagai macam beapeserta didik diantaranya program beapeserta didik jalur khusus bagi calon peserta didik baru yang kurang mampu tetapi meraih peringkat 1-10 selama tiga tahun belajar di SMP dan memberikan beapeserta didik bagi peserta didik yang meraih peringkat 1 pada tiap semester.


SMK Muhammdiyah Salaman diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, islami, bekerja secara profesional sesuai dengan bidangnya dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, serta adaptif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja masa yang akan datang. Sarana dan prasarana sangat mendukung tercapainnya tujuan tersebut diantaranya; tersedianya dapur berstandar industri untuk menunjang pembelajaran, fasilitas laboratorium yang memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran, serta kegiatan ekstrakurikuler untuk memerkuat pendidikan karakter dan membentuk profil pelajar Pancasila bagi peserta didik. SMK Muhammdiyah Salaman juga menyediakan asrama untuk memfasilitasi peserta didik yang terkendala transportasi maupun jarak tempuh yang jauh.