Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, dulu bernama Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran atau OTKP merupakan salah satu cabang bidang keahlian Bisnis dan Manajemen mempelajari tentang Pengetikan naskah atau dokumen, Penanganan telepon, Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen, Penataan dan pengelolaan arsip, Penanganan perjalanan bisnis, Penanganan dana kas kecil, Penyiapan pertemuan atau rapat, Penanganan aplikasi, dan Penanganan informasi melalui internet.

Konsentrasi

Pengkhususan studi yang diambil setelah satu tahun mengikuti pembelajaran di kelas X atau fase E (kelas X). Pemilihan konsentrasi berdasarkan minat dan bakat atau passion peserta didik, setelah memiliki pengalaman belajar di kelas X, sehingga peserta didik diharapkan benar-benar telah memahami secara mendalam ruang lingkup program keahlian yang dipilihnya, antara lain meliputi profesi kerja setelah lulus, jabatan dalam pekerjaan, peluang usaha, jenis kompetensi, fasilitas yang digunakan.

Tujuan

Membekali peserta didik dengan soft skill yang matang, terampil dalam bidang hospitality, mandiri, bertanggung jawab, berpikir kritis, kreatif, mampu bekerja sama, dan mengembangkan diri baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional dalam bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, menguasai teknologi perkantoran modern sehingga mampu untuk berwirausaha serta mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.