Pembekalan PKL OTKP: Menggali Ilmu dengan Magang

Magelang – Pembekalan PKL Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) diisi oleh Bapak Agusta Subiyanto pada hari Selasa, 23 November 2021. Beliau adalah General Manager Alea Guest House and Coffee Borobudur. Dalam acara tersebut Bapak Agusta memberikan motivasi agar siswa PKL menggali ilmu yang dalam saat magang di Dudika. Berdasarkan pengalaman beliau, magang adalah cara mencari ilmu yang terbaik. Seseorang akan menjadi lebih paham akan tugas dan kewajibannya saat bekerja. Di sanalah seseorang belajar bertanggung jawab akan tugas-tugas yang diberikan, sekalipun hanya tugas sepele, misal sebagai stuward/tukang cuci piring. Jika pekerjaan itu dijalani dengan hati maka hasilnya pun akan memuaskan.

Seperti yang diketahui bahwa Bapak Agusta memiliki beberapa tempat usaha selain Alea Guest House and Coffee Borobudur. Beliau adalah pendiri jasa wisata rafting pertama di Magelang dan pemilik rental mobil Jambu Mas Borobudur. Usaha tersebut dibangun dengan keyakinan ‘orang yang berhasil adalah orang yang yakin denga apa yang dilakukannya.’ Beliau mengawali segala usaha tersebut dengan mencari ilmu terlebih dahulu sebagai pemagang di Hotel Hyatt dan Hotel Amanjiwo, tentunya dengan berpindah dari departemen satu ke departemen lainnya. Semua ilmu dari hotel beliau serap dengan maksimal. Hal yang penting beliau catat. Baginya, kerja adalah belajar kebiasaan bukan belajar susah.

Dari ilmu tersebut, beliau membangun usaha-usahanya dengan filosofi nasi goreng yang harus tersaji secara rapi, ringkas, resik, rawat, dan rajin. Hal itu dibarengi dengan pelayanan prima yang selalu mengedepankan bagaimana cara memecahkan masalah dan mencari solusi dengan tepat dan bijak, mampu memotivasi diri sendiri, berpikir kritis, mampu memanage dengan baik, mampu membangun kerja sama, memiliki kecerdasan emosional, mampu menilai, mampu memberikan pelayanan terbaik, mampu bernegosiasi, dan kreatif.