Pembekalan Menyambut Bulan Ramadhan 1443 H

Magelang – Dengung euphoria menyambut Ramadhan 1443 H telah berkumandang tak terkecuali di SMK Muhammadiyah Salaman. Civitas academia SMK Muhammadiyah Salaman pun memulai menyambut Ramadhan 1443 H dengan mengadakan kegiatan pembekalan Bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut dilakukan sejak tanggal 28-30 Maret 2022.

Pembekalan hari kedua diikuti oleh siswa kelas X MPLB dengan pemateri Ustad Muh Qosim. Beliau menyampaikan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh kesabaran, sabar dalam segala hal. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan bekal bulan Ramdhan dengan sebaik mungkin.

Hal tersebut juga senada dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Ketenagaan Bapak Afrizal Edi, S.Pd, M.Pd.. Beliau mengatakan bahwa jangan menyia-nyiakan hadirnya bulan Ramadhan. “Kita harus menyiapkan lahir dan batin sehingga bisa melaksanakan puasa Ramdhan dengan hikmad,” ujar Bapak Afrizal. Selanjutnya, beliau mengingatkan kembali kepada siswa MPLB yang masih mempunyai hutang puasa agar segera melunasinya sebelum hadirnya bulan Ramadhan 1443 H.

Kegiatan Pembekalan Ramadhan bertujuan mengingatkan niat puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, kewajiban dan sunnah dalam berpuasa dan etika dalam berpuasa Ramadhan. Disampaikan pula oleh Ustad Muh Qosim, bahwa puasa Ramadhan sangat khusus karena hanya datang sekali dalam satu tahun. Puasa ini kita berkesempatan untuk mendidik diri, menjaga kesehatan tubuh dengan berpuasa, dan mensyukuri nikmat berpuasa dengan mengharap maghfirah dari Allah Tuhan alam semesta. Sholat tarawih diusahakan dapat dilaksanakan dengan penuh kenikmatan. Seperti yang telah diketahui bahwa sholat tarawih yang dilaksanakan Rosululloh sebanyak 11 rakaat dengan penuh kekhusukan dan Taqorub kepada Allah.

Sebelumnya, telah diadakan pembekalan Bulan Ramadhan untuk Guru dan Karyawan SMK Muhammadiyah Salaman pada 22 Maret 2022. Keluarga besar SMK muh Salaman  berharap dapat menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya dan berharap dapat bertemu dengan Ramadhan mendatang.

Kontributor: Anita Diyah Sitawati, S. Pd., M. Pd.

Fotografer : Asih Alilia Bahtahan, S. Pd.